IHT Persiapan Sekolah Adiwiyata

Ketika liburan semester genap, Selama empat hari, yaitu tanggal 7,8, 10 dan 11 Juli 2023 SMP Negeri 4 Mrebet melaksanakan IHT tentang Penyusunan KTSP, KOSP dan Perangkat Pembelajaran serta Persiapan Sekolah Adiwiyata. Dalam hal ini menghadirkan narasumber Bapak Arsyad Riyadi, S.Si dan Ibu Fitri Tri Rahayu, S.Pd. Kegiatan IHT hari Jumat, 7 Juli 2023 diawali dengan Sambutan sekaligus Pembukaan IHT Oleh Kepala SMP Negeri 4 Mrebet, yaitu Ibu Sugiarti, S.Pd. Beliau berharap dengan kegiatan IHT ini memberikan gambaran kepada guru dan karyawan tentang hal-hal yang harus dipersiapkan untuk menuju sekolah Adiwiyata. Kegiatan IHT hari tersebut diisi oleh Ibu Fitri Tri Rahayu sebagai narasumber yang merupakan Kepala SMPN 2 Pengadegan. Dimana Sekolah tersebut memenangkan Lomba Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten dengan predikat Terbaik 1. Sehingga SMP Negeri 4 Mrebet berusaha "Ngangsu Kawruh" tentang Sekolah Adiwiyata. Dalam kegiatan tersebut beliau menjelaskan secara jelas dan rinci bagaimana mengawali untuk mengikuti lomba Sekolah Adiwiyata. Dari membuat komitmen bersama kemudian membagi tugas tim Adiwiyata,program tiap TIM,serta mengimplementasikan modul ajar (RPP) yang dikaitkan dengan wawasan lingkungan.Terlepas dari Adiministrasi terkait sekolah Adiwiyata,IHT ini juga menyadarkan kami sebagai Guru yang merupakan garda terdepan agar menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sejalan dengan Visi SMP Negeri 4 Mrebet,yaitu "Menjadikan Siswa Bertakwa,Berkarakter, Berbudaya, Cerdas dan Cinta Lingkungan"
Di hari Kedua Pelaksanaan IHT dengan Narasumber Bapak Arsyad Riyadi, S.Si, beliau merupakan Pengawas Sekolah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purbalingga. Dalam kegiatan tersebut, beliau menelaah Rapot Pendidikan SMPN 4 Mrebet Tahun 2023 yang menjadi dasar untuk penyusunan EDS. Selain itu mareview KTSP dan KOSP SMP Negeri 4 Mrebet tahun lalu. Beliau banyak memberikan masukan dan gambaran apa yang harus dilakukan untuk persiapan sekolah Adiwiyata. Terkait dengan Kurikulum Merdeka, beliau juga menyinggung tentang Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), langkah-langkah yang harus dilakukan dalam melaksanakan Projek tersebut
Harapan kami, mudah-mudah dengan IHT ini kami bisa melaksanakan Kurikulum merdeka yang sudah memasuki tahun kedua dengan baik dan benar, serta bisa mempersiapkan sekolah adiwiyata sesuai aturan yang sudah ditentukan. Spen4bet Jaya !!

About Ira Arum Ndani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments :

Post a Comment