Pelatihan Jurnalistik yang dilaksanakan pada tanggal 29 Desember 2021, merupakan sesuatu hal yang baru dilaksanakan di SMP Negeri 4 Mrebet. Pelatihan tersebut diikuti guru dan siswa dalam hal ini diwakili oleh Pengurus OSIS SMP Negeri 4 Mrebet. Pelatihan jurnalistik ini merupakan rangkaian Gerakan Literasi Sekolah yang ada di SMP Negeri 4 Mrebet. Dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan,pelatihan yang terbagi menjadi dua sesion ini,dimana sesion pertama untuk siswa dan sesion kedua untuk guru. Dalam pelatihan jurnalisitik ini sebagai nara sumber Drs. Prasetiyo, beliau praktisi jurnalistik dan guru senior SMP Negeri 3 Purbalingga. Kegiatan yang dibuka oleh bapak Kepala SMP Negeri 4 Mrebet, Purwono, S.Pd. Beliau berharap setelah pelatihan ini budaya literasi di SMP negeri 4 Mrebet akan tumbuh dengan baik. " Kami melihat banyak guru dan siswa SMP Negeri 4 Mrebet punya potensi di bidang tulis menulis. Ini perlu digali dan perlu penyaluran agar budaya literasi di sekolah ini terbangun dengan baik," harap Purwono.
Pada pelatihan tersebut, Prasetiyo yang sudah malang melintang di bidang Jurnalistik, memberikan tips-tips menulis di media massa dengan segmen pelajar, membuat majalah dinding, membuat majalah sekolah, praktik menulis berita sekolah dan tips dan trik mewawancarai nara sumber. Ketua OSIS SMP Negeri 4 Mrebet, Esa Mahfirotun Ahmad, merasa senang bisa mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik ini. "Ini pengalaman baru dan pertama bagi saya dan teman-teman. Penyajian nara sumber sangat menarik dan memotivasi serta menginspirasi kami untuk menerbitkan majalah sekolah sendiri, "ujarnya. Pada sesi kedua sebanyak 20 guru mengikuti pelatihan dengan serius tips-tips praktis menulis artikel di media massa untuk kepentingan kenaikan pangkat dan penilaian angka kredit. Kami diberi kesempatan secara langsung dibawah arahan bapak Prasetiyo untuk menulis artikel di media massa dengan menggunakan laptop sendiri-sendiri.
Besar harapan kami, dengan pelatihan jurnalistik ini akan membawa wawasan baru bagi guru dan siswa tentang hal-hal yang terkait dengan literasi

About Ira Arum Ndani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments :

Post a Comment