Salah satu mata pelajaran muatan lokal yang ada di SMP Negeri 4 Mrebet yaitu Prakarya. Dengan tetap memperhatikan kearifan lokal wilayah Desa Tangkisan dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa, Ibu Diana Sulistyowati sebagai pengampu mapel Prakarya bersama siswa kelas 9 membuat telor asin dengan bahan dasar telor Bebek.
Adapun bahan-bahan pendukung untuk membuat telor asin adalah Garam, bawang putih, cabai (opsional) dan air (sebagai ganti batu bata). Awalnya bumbu-bumbu tersebut ditumbuk kemudian dimasukkan ketoples tertutup yang sudah diisi air, kemudian diaduk agar merata, setelaah itu masukkan beberapa telor bebek hingga terendam didalam toples dan tutup rapat.Direndam selama 10 hingga 14 hari
Setelah 10 hingga 14 hari proses perendaman, telor bebek tersebut ditiriskan kemudian cuci untuk persiapan dikukus, selama 2 jam.
Dengan praktek membuat telor asin ini minimal membangkitkan jiwa kewirausahaan siswa, dengan bahan-bahan murah meriah dan terdapat disekitar siswa, bisa menghasilkan sesuatu yang memberikan ide siswa untuk membantu ekonomi keluarga. Telor asin Made in siswa SMP Negeri 4 Mrebet...maknyuusss

About Ira Arum Ndani

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 Comments :

Post a Comment